Rabu, 14 Februari 2018

Cara Mengatasi Anak yang Susah Diatur

Cara Mengatasi Anak yang Susah Diatur

Memiliki anak yang sulit diatur dapat diatasi dengan cara mengatasi anak nakal yang sulit diatur berikut ini. Bagi Anda para orangtua yang memiliki anak nakal dan susah diatur, ini dia tips yang dapat Anda lakukan:

1. Lakukan Pendekatan
Saat anak Anda sedang rewel dan sulit diatur, jangan langsung menggunakan kekerasan. Kekerasan tidak akan menjadi jalan keluar terbaik untuk anak Anda yang nakal. Hal pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan pendekatan. Cara mengatasi anak nakal yang susah diatur ini memang membutuhkan kesabaran yang ekstra. Lakukan pendekatan secara halus kepada anak. Berikan nasihat-nasihat bijak sehingga anak dapat berfikir lebih baik. Dalam hal ini, Anda dapat membuat batasan. Misalnya saja 3 kali pendekatan secara halus kepada anak Anda. Jika anak Anda masih nakal dan sulit diatur Anda dapat memilih jalan kekerasan.

Yang dimaksud cara mengatasi anak nakal yang susah diatur dengan kekerasan yaitu dengan memberikan hukuman kepada anak. Misalnya dengan kata-kata yang nadanya tinggi dan nada marah atau dengan memberi pukulan. Coba dahulu dengan memarahi anak, jangan langsung memukul anak. Anda juga dapat memberi batasan untuk langkah ini. Jika anak-anak Anda masih sulit diatur, maka berikanlah hukuman. Berikanlah pukulan kecil seperti menepuk pantat, mencubit atau menjewer. Berikan hukuman sepantasnya saja dan jangan berlebihan. Cara mengatasi anak nakal yang susah dididik ini harus Anda lakukan secara bertahap. Utamakan untuk melakukan pendekatan secara halus kepada anak.

2. Tunjukkan Tekad Yang Kuat
Mendidik anak yang nakal selanjutnya yaitu dengan menunjukkan tekad Anda yang kuat. Saat Anda dan anak Anda harus beradu pendapat, jangan mudah menyerah. Terus tunjukkan keinginan Anda agar anak Anda dapat mengetahuinya. Jika Anda terlalu sering kalah berdebat atau beradu pendapat dengan anak, anak akan lebih sulit diatur. Anak akan mengetahui batasan Anda sebagai orangtua. Cara mengatasi anak nakal yang susah diatur ini juga harus didukung dengan memberikan contoh-contoh yang baik.

3. Buat Peraturan Khusus
Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatur anak yang nakal adalah dengan membuat peraturan khusus. Buatlah aturan yang dapat memberikan konsekuensi pada anak ketikan anak nakal. Selain itu buat juga perjanjian akan memberikan hadiah jika anak tidak nakal. Semua itu harus Anda sampaikan kepada anak dengan cara yang tepat. Cara mengatasi anak nakal yang susah diatur ini jangan disertai dengan kebohongan. Contohnya saja saat anak sudah menurut dengan perkataan orangtua dan dijanjikan sesuatu. Maka sebaiknya sebagai orangtua Anda harus menepati janji Anda. Oleh sebab itu, sebelum membuat perjanjian pastikan bahwa Anda dapat menyanggupi permintaan anak Anda. Jika tidak maka cari pengganti lainnya.

Pada intinya, jangan pernah memberikan harapan palsu kepada sang anak. Buatlah janji yang pasti dapat Anda tepati. Contohnya saja seperti berkunjung ke tempat hiburan, membelikan mainan atau makanan dan lain sebagainya. Yang lebih penting adalah jangan membiasakan anak menerima perlakuan kasar dari orangtua. Cara ini dianggap sangat salah karena tidak efektif sama sekali. Bahkan akibatnya dapat membuat anak lebih nakal lagi. Lakukan cara mengatasi anak nakal yang susah diatur dengan tepat.

0 komentar:

Posting Komentar