Selasa, 23 April 2019

Lakukan 5 Hal Ini Agar Tumbuh kembang anak Menjadi Optimal


Lakukan 5 Hal Ini Agar Tumbuh kembang anak Menjadi Optimal

Momen bahagia tentunya akan dirasakan setiap orang tua ketika sang buah hati lahir ke dunia. Tentu saja momen ini sudah ditunggu-tunggu sejak si bayi masih berada di dalam kandungan. Setelah Anda menjadi orang tua, Anda akan menikmati setiap tumbuh kembang anak dari hari ke hari. Anda bisa melihat bagaimana pertama kali anak Anda bisa tengkurap, duduk, makan, berjalan, dan lain-lain.

Sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan tumbuh kembang anak dari masa ke masa. Tumbuh kembang si kecil merupakan periode emas yang tidak bisa Anda sepelekan. Anda bertanggung jawab untuk memberikan asupan bergizi dan bernutrisi untuk masa pertumbuhannya. Dengan begitu, anak akan tumbuh dengan sehat dan cerdas karena gizinya tercukupi. 

Tumbuh kembang si kecil sangat bermanfaat bagi masa depan anak agar dapat tumbuh cerdas dan berkualitas. Oleh karena itu, Anda harus melakukan optimalisasi tumbuh kembang si kecil sedini mungkin, sejak anak masih berada dalam kandungan sampai dua tahun pertama. Selanjutnya, optimalisasi tumbuh kembang harus dilanjutkan sampai anak berusia remaja dan menjelang dewasa.
Namun, banyak orang tua yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Biasanya orang tua seperti ini memberikan gizi dan nutrisi seadanya serta stimulasi yang minim. Akibatnya, pertumbuhan dan perkembangan pada anak menjadi terhambat, seperti mengalami speech delay, pertumbuhan gigi yang lambat, dan lain-lain
.
Agar Tumbuh kembang anak Menjadi Optimal
Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa aspek dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil agar dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas, berikut adalah ulasannya.

1. Mengenali tumbuh kembang si kecil
Perkembangan anak tidak hanya berfokus pada fisik, tetapi juga mental sekaligus emosional. Agar anak bisa tumbuh secara optimal, Anda harus memahami beberapa tahapan perkembangan anak mulai dari bayi sampai balita. Pada masa balita anak sudah bisa berjalan dan menjadi masa yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhannya.

2. Memberikan stimulasi yang tepat
Agar tumbuh kembang anak optimal, maka Anda harus memberikan stimulasi yang baik. Semakin banyak stimulasi yang diberikan, maka jaringan otak bisa berkembang sampai 80% ketika si kecil menginjak usia 3 tahun. Sebaliknya, fungsi otak akan menurun jika Anda tidak pernah memberikan stimulasi yang cukup. 
Misalnya, untuk anak usia 2-3 tahun, ajari mereka makan sendiri untuk merangsang motorik kasarnya. Sedangkan mengajak si kecil menggambar atau mencorat-coret di kertas dapat merangsang motorik halusnya.

3. Memberikan nutrisi yang tepat
Pemberian nutrisi  harus dilakukan sejak anak berada di dalam kandungan sampai usia 3 tahun. Semakin lengkap nutrisi yang diberikan, maka jumlah sel-sel otak anak juga semakin banyak. di Asupan gizi yang bisa Anda berikan yaitu makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. 

Selain itu Anda juga bisa memberikan asupan gizi lain seperti asam amino, vitamin B, zat besi, kalsium, AA dan DHA. Jenis nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan pada susu, buah, ikan, serta sayur-sayuran.

4. Memberikan kasih sayang 
Peranan orang tua memang sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Di tahun pertama kehidupannya, sebisa mungkin buatlah hubungan yang penuh kasih sayang. Hal ini tentu harus dilakukan agar perkembangan fisik, mental, dan emosi anak menjadi lebih optimal. Jangan pernah membentaknya karena hal tersebut hanya akan membuat mental si kecil terguncang.

Demikianlah beberapa tips agar tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Tetap pantau perkembangan si buah hati agar mereka bisa tumbuh dengan baik. Semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar